Senin, 29 Oktober 2012

Ilmu Sosial Dasar (Nasional)


Permasalahan sosial di Indonesia


Permasalanan sosial di Indonesia sangat banyak, contoh dari permasalahan sosial tersebut adalah:
·          Kemiskinan
Penyebab kemiskinan di Indonesia adalah banyaknya pengangguran dan mahalnya kebutuhan pokok. Akibat dari banyaknya pengangguran dan mahalnya kebutuhan pokok adalah tingkat pendidikan yang rendah.
·          Tingkat pendidikan rendah
Kemiskinan adalah salah satu pengaruh dari rendahnya tingkat pendidikan, sehingga banyak orang miskin yang tidak dapat menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi. Tingkat pendidikan yang rendah menakibatkan banyaknya pengangguran di negara ini.
·          Tindakan kriminal
Tindakan kriminal merupakan tindakan kekerasan yang meminta barang berharga. Penyebab tindakan kriminal yaitu tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga melakukan tindakan kriminal berupa merampok atau mencuri. Banyak orang-orang yang dirugikan dalam masalah tindakan kriminal ini.
·          Pengangguran
Penyebab pengangguran adalah tidak seimbangnya antara lapangan kerja dengan warga usia produktif. Sehingga mengakibatkan kemiskinan di Indonesia.
Dan jika semua masalah sosial tersebut ingin diselesaikan. Maka yang pertama dibenahi adalah pendidikan karena tingkat pendidikan rendah adalah masalah utama sehingga mempengaruhimasalah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar